Kamis, 11 Desember 2014

RIWAYATAN SYAIHKU MUHAMMAD DJAMHARI BERGURU SYAIHKU AHMAH IMAM RIFA'I

       Setelah hatam berguru pada mbah bakrie cirebon (syeh ahmad imam subakri. Gelar ruhani) yai Djamhari muda direkomendasikan berguru pada gurunya syeh subakri yaitu syeh rifa'i karna ada beberapa wilayah keilmuan yang bukan wewenang syeh subakri untuk nengijazahi. Hanya diberi ciri ciri yang sedikit dan amalan untuk mencari keberadaan syeh rifai yang masih kabur kanginan (keberadaan yang tidak menetap) Sayangnya penulis tidak bisa menghimpun amalan apa dalam pencarian yai Djamhari muda tsb dan tahun kapan peristiwa itu berlangsung. Mitos dari riwayatan dulur sepuh sepuh syeh rifai sudah berusia 350 th lebih dan sudah punya 7 makam yang tersebar diberbagai negara, wallohu alam. Sampailah yai Djamhari dalam perjalananya di suatu masjid di daerah serang banten. Ketika ketemu kyainya punya ciri ciri (bulu kedua alis matanya tempuk bersambung), yai djam memberanikan matur bertanya, apakah beliau kyai rifai yang punya murid kyai bakri cirebon? Diliuar dugaan ternyata dibenarkan dan beliau ternyata sudah menunggu lama keturunan darah kyai kerthoyudho mataram dan yai Djamhari ternyata orangnya. Padahal selama ini kyai Djamhari tidak tahu menahu apa apa tentang silsilah leluhur yang jauh. Hanya sudah cukup bahagia punya ayah pak Darman seorang petani biasa. Beberapa waktu yai Djamhari menimba ilmu disana sampai suatu ketika syeh menyuruh riyadhoh pembersihan jiwa kepada 40 santri termasuk yai djamhari. Berupa puasa tidak makan minum dan tidak tidur selama 40 hari. Hanya 1 permen bening tak berasa tak berbau untuk di gunakan tiap magrib buka pembatalan puasa dan 1 permen harus cukup untuk 40 hari. Hari demi hari bertumbangan gak kuat para santri. Hingga hari ke 40 tinggal 3 santri yang bertahan. Akhirnya 3 orang tsb dibaiat asmaul haq dan didunungne mati sajroning urip. Diantara 3 murid tsb terpilih 1 imam amanah baiat yaitu yai Djamhari. 131 dari syeh rifai membaiat 3 murid akhirnya memberi amanah hanya 1 murid (yai djamhari). 131 allohu akbar

 narasumber: ahmad suwanto kader sidorejo, ki suwardi alm kader madiun dan sesepuh sesepuh madiun serta penulis sendiri (pak gunadi)

4 komentar:

  1. assalamu alaikum.
    mohon ane minta silsilah nadab syeh rifai/syarif bahsan

    BalasHapus
  2. assalamu alaikum.
    mohon ane minta silsilah nadab syeh rifai/syarif bahsan

    BalasHapus
  3. Alfatihah, insyaAllah sll Saya tawasulkan pada syaikh imam rifai serang banten, Yai Djamhari anwar, dan Yai Ahmad Shodiq. Semoga selalu dalam lindungan Allah Ta'ala.

    BalasHapus
  4. Alfatihah, insyaAllah sll Saya tawasulkan pada syaikh imam rifai serang banten, Yai Djamhari anwar, dan Yai Ahmad Shodiq. Semoga selalu dalam lindungan Allah Ta'ala.

    BalasHapus